Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Layanan di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia

Authors

  • Diva Sabina Universitas Esa Unggul
  • Puteri Fannya Universitas Esa Unggul
  • Laela Indawati Universitas Esa Unggul
  • Dina Sonia Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.57185/mutiara.v1i9.76

Keywords:

Kepuasan Pasien, Lima Dimensi Kualitas Layanan

Abstract

Kepuasan pasien ialah tingkat perasaan yang timbul sebagai akibat dari kinerja terhadap layanan kesehatan guna memperoleh perbandingan dengan apa yang diharapkannya. Namun tingkat kepuasan pasien masih menjadi permasalahan yang cukup mendasar, kepuasan pasien dapat dilihat dari berjalan dengan baiknya kualitas layanan. Kualitas layanan adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang menjual kepada konsumen atau pembeli demi mencukupkan kebutuhan dan kenginan mereka. Perilaku itu dapat bertujuan terhadap pencapaian sebuah kepuasan mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Layanan Di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan analisis kuantitatif. Sampel sebanyak 106 pasien menggunakan estimasi proporsi dengan menggunakan pengukuran 5 dimensi kualitas layanan (servqual) (Responsivness) daya tanggap, (Tangible) bukti fisik, (Reability) kehandalan, (Assurance) kepastian, (Emphaty) empati.

Hasil Penelitian  :  Dari 106 responden yang diukur pada 5 dimensi kualitas layanan yaitu (Responsivness) daya tanggap memperoleh kepuasan sebesar 56,6% , (Tangible) bukti fisik memperoleh kepuasan sebesar 55,7%, (Reability) kehandalan memperoleh kepuasan sebesar  47,2%, (Assurance) kepastian memperoleh kepuasan sebesar 39,6%, (Emphaty) empati memperoleh kepuasan sebesar 42,5%, Sehingga dimensi dengan kepuasan tertinggi yaitu pada dimensi daya tanggap (responsiveness). Pada penelitian ini diperoleh Gap Score (kesenjangan) sebesar (-0,40) negatif, hal ini terjadi karena tingginya harapan pasien dan kurangnya kenyataan yang didapat oleh pasien. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan pihak rumah sakit dan petugas pendaftaran dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien rawat jalan di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2023-11-02